Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TRIK JITU AGAR JUALAN LARIS

Disini saya coba share dari kang Dewa Eka Prayoga tentang intisari dari buku yang ditulis oleh Robert B. Cialdini.
Siapa Robert B. Cialdini?
TRIK JITU AGAR JUALAN LARISIa adalah seorang profesor dari Universitas Arizona yang melakukan penelitian cukup mendalam tentang bagaimana kita dapat dipengaruhi oleh orang lain, para penjual, penawaran, dan sebuah Iklan.
Hasil penelitiannya tersebut dipublikasikan kepada kita melalui sebuah buku yang berjudul "The Psychology Influence of Persuasion". Isinya super duper KEREN! 
kiki emotikon
Berdasarkan hasil riset tersebut, ia menyatakan bahwa ternyata ada 6 prinsip penting yang dapat menciptakan sebuah PENGARUH yang Luar Biasa, diantaranya:

1. RECIPROCITY (Timbal Balik)
Jika seseorang memberikan sesuatu pada kita, maka kita cenderung akan memberikan balasan yang setimpal bahkan lebih baik lagi kepadanya.
Inilah inti dari prinsip timbal balik ini....
Sebagai manusia, kita memiliki kecenderungan untuk membalas budi dan memperlakukan orang lain sebagaimana mereka memperlakukan kita.
Secara psikologis, seseorang tidak nyaman berutang budi pada orang lain.
Itulah alasan kenapa Saya sering mengatakan prinsip ini kepada Anda:
"Sharing-sharing dahulu, Selling-selling kemudian"
Yes! Dasarnya adalah prinsip timbal balik tersebut. Paham, kan? ˆ⌣ˆ
Karena prinsip ini bisa dimanfaatkan untuk jualan, maka inilah yang bisa Anda lakukan kedepan:
- Kasih sesuatu yang GRATIS dulu
- Sharing dan sering Edukasi dulu
- Berikan FREE sample
- Lakukan FREE Trial
- Terima curhat klien / prospek
- dan lain-lain

2. COMMITMENT & CONSISTENCY (Komitmen & Konsistensi)

Kita cenderung memiliki keinginan mendalam untuk menjadi konsisten.
Inilah inti dari prinsip komitmen dan konsistensi ini....
Sekalinya kita berkomitmen pada suatu hal, semakin terikat kita pada hal tersebut.
Itulah dasar kenapa Saya mencantumkan teknik YA YA YA dalam buku 30 Hari Jago Jualan. Orang2 banyak menyebutkan dengan teknik: YES SET
Karena prinsip ini bisa dimanfaatkan untuk jualan, maka inilah yang bisa Anda lakukan kedepan:
- Buat market aware dulu dengan produk Anda, sebelum Anda lakukan penjualan
- Buat masa woro-woro dulu sebelum launching. Jangan langsung tiba-tiba launching

- Tanya ke market dan bangun interaksi dengan mereka. Misal: “Ada yang tertarik dengan....?”, "Cung siapa yang mau...?", dan lain2
- Up Selling dan Cross Selling. Pas sebelum closing, tanyakan ketertarikannya terhadap produk yang lain. Tawarkan produk yang lain.
- Jual yang murah dulu, baru yang mahal. Jual yang kecil dulu, baru yang gede. Ingat: YA kecil, ke YA Besar
- Tanya prospek Anda dengan pertanyaan yang jawabannya ya, ya, dan ya. Pokoknya: harus "YA".

3. SOCIAL PROOF (Bukti Sosial)
Orang menyukai kerumunan. Mereka merasa aman dan nyaman jika bertindak bersama-sama.
Ingat: kalau orang melakukannya sendirian, mereka nggak ada teman. Kadang mereka malas atau bahkan tidak yakin dengan produk yang akan mereka beli. Berbeda cerita jika sudah banyak orang yang sudah menggunakannya. Mereka akan cenderung melakukan apa yang orang lain lakukan.
Karena prinsip ini bisa dimanfaatkan untuk jualan, maka inilah yang bisa Anda lakukan kedepan:
- Ciptakan kerumunan di sekitar tempat Anda. Buat ramai, agar orang melihat keramaian Anda dan datang ke toko Anda
- Sebutkan berapa banyak orang yang sudah menggunakan produk Anda. Gunakan sebanyak mungkin testimoni
- Tunjukkan data dan statistik yang berhubungan dengan produk yang Anda jual
- Cantumkan kata Best Seller di produk yang benar2 laris di pasaran, supaya orang lain pun mencobanya.

4. LIKING (Suka)
Kita cenderung mudah dipengaruhi oleh orang yang kita sukai.
Rasa suka ini muncul dari kemiripan atau dari penampilan seseorang yang menarik.
Perihal kemiripan, kita akan cenderung menyukai orang yang mirip dengan kita, senasib dengan kita, dan percaya begitu saja pada mereka.
Perihal orang lebih suka membeli dari orang yang mereka sukai, karenanya kita harus jadi pribadi penjual yang disukai oleh banyak orang. Jadilah penerbat manfaat. Bukan hanya mencari uang doang.
Karena prinsip ini bisa dimanfaatkan untuk jualan, maka inilah yang bisa Anda lakukan kedepan:
- Bangun empati dengan prospek atau calon pembeli. Jadilah penjual yang ramah dan perhatian. Jangan jadi penjual yang pemarah dan jutek abis.
- Katakan apa yang mereka katakan. Ulangi kata2 mereka. Tiru penggunakan kata, intonasi, kecepatan bicara, dan gerakan mereka. Matching & Mirroring.
- Sewa model yang disukai oleh target market Anda. Jadikan dia sebagai brand ambassador bisnis Anda
- Gunakan endorsement para artis yang dikenal banyak orang dan disukai oleh mereka

5. AUTHORITY (Otoritas)
Manusia cenderung menaati figur atau orang yang nampak seperti figur otoritas (ahli).
Kata-kata dari seorang figur yang kita anggap memiliki otoritas akan kita terima tanpa pertanyaan dan keraguan.
Ada kecenderungan dalam masyarakat kita bahwa apa yang dikatakan oleh seorang ahli adalah hal yang baik dan benar. Maka kita pun menjadi lebih mudah mengikuti saran yang diberikan oleh seorang ahli.
Pesan yang disampaikan oleh orang yang dianggap memiliki otoritas akan lebih mudah diterima dibandingkan dengan pesan yang disampaikan orang selainnya. Walaupun pesannya sama.
Karena prinsip ini bisa dimanfaatkan untuk jualan, maka inilah yang bisa Anda lakukan kedepan:
- Anda dapat menggunakan otoritas diri Anda sendiri atau otoritas orang lain. Mintalah dukungan dari orang-orang yang berpengaruh untuk mem-back up produk Anda
- Gelar, jabatan, mobil, atau gadget dapat menumbuhkan persepsi tentang otoritas dan dapat membujuk kita untuk menerima apa yang mereka katakan
- Gunakan testimoni dari pakar, hasil riset, atau statistik untuk mendukung otoritas Anda
- Desain, foto profil atau produk yang profesional akan meningkatkan otoritas Anda.

6. SCARCITY (Kelangkaan)
Sesuatu menjadi semakin menarik saat jumlahnya terbatas.
Ya. Kita cenderung membeli sesuatu SEGERA jika kita mendengar bahwa ini adalah barang terakhir, atau penawaran spesialnya sudah mau habis.
Calon customer Anda perlu tahu, bahwa mereka akan kehilangan sesuatu jika mereka tidak bertindak dengan cepat.
Karena prinsip ini bisa dimanfaatkan untuk jualan, maka inilah yang bisa Anda lakukan kedepan:
- Buat early bird atau limited edition
- Kasih penawaran dengan jumlah stok, jumlah akses membeli, dan jumlah produk terbatas
- Kasih Diskon, Hadiah, atau Harga Lebih Murah dengan batas waktu tertentu
Bagaimana, apakah Anda mendapatkan sesuatu yang Luar Biasa dari tulisan ini? silahkan dishare!