Resep Bumbu Sambal Pecel Enak Banget



Sambal Pecel | Pecel memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kita, di Indonesia beragam khas makanan yang bisa kita jumpai, salah satunya makanan khas dari jawa timuran khususnya daerah Madiun yaitu pecel atau lebih dikenal dengan nasi pecel, Sambal pecel Madiun terkenal nikmat dan murah.

Rahasia nasi pecel terasa nikmat terdapat pada sambal pecel, maka kenikmatan sambal pecel tidak lepas cara membuatnya. Untuk mendapatkan sambal pecel nikmat dan enak banget dibutuhkan resep khusus, resep bumbu pecel secara keseluruhan hampir sama, baik bahannya ataupun tahapannya. Lalu apa penyebab sebenarnya suatu bumbu pecel terasa sangat enak ? Sedang orang lain membuatnya dengan cara membuat bumbu pecel yang sama baik komponen atau tahapannya tapi hasilnya tidak sesuai harapan. 



Memang bahan sudah sama, tahapan sudah sama, tetapi dalam 2 hal inilah masih banyak tersembunyi hal-hal yang lebih penting yang mempengaruhi rasa bumbu pecel menjadi enak atau tidak begitu enak dan tidak semua orang bisa melakukannya. Hal-hal tersebut adalah cara goreng kacang tanahnya, ada yang menggunakan kayu bakar, ada yang menggunakan gas elpiji, ada yang dicampur bahan lain saat menggoreng, tingkat kematangan kacang goreng yang membuat rasanya enak seperti apa ? dan lain-lain, hal-hal tersebut bisa ditemukan optimalnya setelah melakukan pekerjaan itu berkali-kali. Tahapannya juga sangat mempengaruhi. Saat kapan kacang goreng dimasukkan ? Saat masih panas, masih hangat atau sudah dingin semua itu akan sangat mempengaruhi.



Berikut ini adalah resep bumbu pecel nikmat yang pada umumnya di gunakan:



Resep Pertama:

Bahan :

1 kg kacang tanah



Bumbu :
1 ons cabai rawit
0,5 ons cabai keriting
1/4 kg gula merah
8 sdm gula putih
4 sdm garam
4 siung bawang putih
5 lembar daun jeruk purut dibuang tulang daunnya
asam jawa secukupnya

Cara pembuatan sambal pecel enak dan nikmat :
1. Sangrai kacang tanah sampai matang
2.Sangrai cabai rawit,cabai keriting, dan bawang putih
3.Kemudian haluskan terlebih dahulu bumbu-bumbu yang ada lalu campurkan dengan kacang tanah yang sudah disangrai dan dihaluskan kembali bersama-sama.

Resep Kedua:
Bahan:
250 ml air matang (kurang ya kalau kacangnya 250gr? tambahin sendiri yah)
250 gr kacang tanah, goreng, haluskan

PROMO SOFTWARE AKUNTANSIHaluskan:
4 siung bawang putih
4 bh cabai merah
3 bh cabai rawit
5 cm kencur
6 lembar daun jeruk
1 sdt asam jawa
1 sdt terasi goreng
50 gr gula merah
1 sdt garam

Cara membuat sambal pecel enak dan nikmat:
1. Campur bumbu halus, kacang tanah halus dan air matang, aduk rata.
2. Sajikan sambal pecel dengan sayuran rebus dan kerupuk atau peyek.


Demikian resep bumbu pecel nikmat, semoga bisa menjadi bahan rujukan untuk resep masakan keluarga Anda. Selamat mencoba!


JASA PEMBUATAN SOFTWARE/APLIKASI AKUTANSI,PENJUALAN DAN LAIN-LAIN

tag:

Dibaca Sebanyak...